Selasa, 04 Oktober 2016

Manajemen Strategik - Analisis Perusahaan

Tugas Manajemen Strategik – Analisis Perusahaan

PT. SWAKARYA INSAN MANDIRI


Sejarah Perusahaan
PT. Swakarya Insan Mandiri atau yang lebih dikenal dengan PT.SIM  berdiri di Indonesia sejak tahun 2005 dengan kota pertama di Jakarta dengan bisnis utama Labour Outsoursing. Labour Outsoursing merupakan salah satu bisnis terbesar yang menyelenggarakan pelayanan penyediaan jasa tenaga kerja. Pelayanan full service ini meliputi penanganan mulai dari recruitment, status ketenaga kerjaan, development, database, asuransi, coaching dan councelling, pembayaran gaji hingga pengelolaan pembayaran pajak.
PT. SIM saat ini telah bekerja sama dengan FIF Group, Asuransi Astra Buana, Sasana Artha Finance, Danamon, Quiksilver, Tiga raksa dan banyak lainnya. PT. SIM telah mendaftarkan legalitasnya di Dinas Tenaga Kerja dan sudah terdaftar sebagai anggota ABADI (Asosiasi Perusahaan Alih Daya Indonesia).

VISI
“ Menjadi perusahaan alih daya terbesar dan terpercaya nomor satu di Indonesia”
MISI
1.      Memberikan pelayanan yang terbaik dan professional kepada seluruh pelanggan.
2.      Mengembangkan sumber daya manusia yang dapat di percaya serta kompeten di bidangnya sehingga menjadi manusia yang produktif.
3.      Ikut mensejahterahkan masyarakat Indonesia dengan membuka dan memberikan kesempatan kerja.
4.      Memberikan return yang menguntungkan bagi semua stakeholder.

Tujuan
1.      Memperoleh profit atau keuntungan.
2.      Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
3.      Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
4.      Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.



Sasaran
1.      Memperoleh profit atau keuntungan.
a.      profit adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dimanapun. Jika tujuan dari perusahaan adalah profit, maka perusahaan atau organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan bisnisnya. Sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama didalam organisasi tersebut.
b.      Menjalin kemitraan dengan bebrapa perusahaan besar sebagai langkah mengukuhkan tempatnya sebagai perusahaan alih daya yang dapat dipercaya.
2.      Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
a.      Dengan cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PT. SIM mampu menyentuh bisnis-bisnis partner perusahaan dan mengirimkan SDM yang terlatih untuk menunjang kesuksesan.
3.      Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
a.      Didukung dengan infrastruktur dan tenaga kerja yang membantu unit bisnis inti perusahaan.
b.      Dengan mengefisiensikan biaya, mengurangi resiko, dan membina kerja sama yang baik dalam mengembangkan bisnis anda.
c.       Berbekal pengalaman dari tahun ke tahun dalam membantu klien di berbagai segmen industry, PT. SIM membangun system contact center yang selalu up-to-date untuk meninjau keadaan di lapangan.
d.      Memberikan program latihan secara berkala kepada SDM dan pelatihan yang komperehensif.
4.      Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.
a.      SAFE         : menyediakan layanan yang mengedepankan keamanan secara komprehensif, ditunjang dengan teknologi Document Imaging untuk kontrak kerja karyawan, Sistem Payroll secara online serta legal dan terpercaya.
b.      FAST          : Dalam recruitment, PT. SIM didukung website SWAKARIR yang mampu memenuhi permintaan tenaga kerja dalam waktu yang minta oleh klien.
c.       QUALIFIED            : PT. SIM menyediakan layanan coaching dan konseling secara berkala kepada karyawan serta training 2 kali dalam setahun untuk mendukung performance tiap karyawan.


ANALISIS Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran dengan Karakteristik
SMART
(Simple, Measurable,Apllicable, Reliable, Timeable)


VISI
“ Menjadi perusahaan alih daya terbesar dan terpercaya nomor satu di Indonesia”

Analisis SMART :
a.      Simple              : menggunaan kosa kata yang sederhana namun memiliki tujuan yang besar dan jelas kemana arah perusahaan.
b.      Measurable      : mampu menjadi motivasi karyawan
c.       Apllicable         : dengan daya saing yang dimiliki, PT. SIM sangat mampu mewujudkan visinya
d.      Reliable                       : terbesar dan terpercaya yang diunggulkan PT. SIM  mampu memenuhi harapan partner perusahaan untuk mempercayakan SDM kepada PT.SIM
e.      Timeable          : jangka waktu yang tidak terukur menjadi kontinyu kesuksesan dalam pencapaian visi tersebut.


MISI
1.      Memberikan pelayanan yang terbaik dan professional kepada seluruh pelanggan.
2.      Mengembangkan sumber daya manusia yang dapat di percaya serta kompeten di bidangnya sehingga menjadi manusia yang produktif.
3.      Ikut mensejahterahkan masyarakat Indonesia dengan membuka dan memberikan kesempatan kerja.
4.      Memberikan return yang menguntungkan bagi semua stakeholder.


Analisis SMART :
a.     Simple              : misi PT. SIM digambarkan dengan jelas dan tidak berbelit.
b.     Measurable      : dapat diketahui goals perusahaan
c.      Apllicable         : perusahaan mampu untuk mewujudkannya
d.     Reliable                       : mampu menjadi harapan besar untuk partner perusahaan selain itu membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.
e.     Timeable          : berkesinambungan


Tujuan
1.      Memperoleh profit atau keuntungan.
2.      Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
3.      Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
4.      Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.

Analisis SMART :
a.     Simple              : menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami
b.     Measurable      : sangat jelas sehingga karyawan mengetahui tujuan perusahaan
c.      Apllicable         : perusahaan mampu untuk mewujudkannya
d.     Reliable                       : kongkrit dengan keinginan stakeholder yang menginginkan laba
e.     Timeable          : selalu menerapkan hal tersebut terus menerus tanpa ada batasan waktu



Sasaran
  1. 1.    Memperoleh profit atau keuntungan.


a.      profit adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dimanapun. Jika tujuan dari perusahaan adalah profit, maka perusahaan atau organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan bisnisnya. Sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama didalam organisasi tersebut.
b.      Menjalin kemitraan dengan bebrapa perusahaan besar sebagai langkah mengukuhkan tempatnya sebagai perusahaan alih daya yang dapat dipercaya.
  1. 2.      Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.


a.  Dengan cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PT. SIM mampu menyentuh bisnis-bisnis partner perusahaan dan mengirimkan SDM yang terlatih untuk menunjang kesuksesan.
  1. 3.      Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.


a.      Didukung dengan infrastruktur dan tenaga kerja yang membantu unit bisnis inti perusahaan.
b.      Dengan mengefisiensikan biaya, mengurangi resiko, dan membina kerja sama yang baik dalam mengembangkan bisnis anda.
c.       Berbekal pengalaman dari tahun ke tahun dalam membantu klien di berbagai segmen industry, PT. SIM membangun system contact center yang selalu up-to-date untuk meninjau keadaan di lapangan.
d.      Memberikan program latihan secara berkala kepada SDM dan pelatihan yang komperehensif.
  1. 4.      Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.


a.      SAFE   : menyediakan layanan yang mengedepankan keamanan secara komprehensif, ditunjang dengan teknologi Document Imaging untuk kontrak kerja karyawan, Sistem Payroll secara online serta legal dan terpercaya.
b.      FAST    : Dalam recruitment, PT. SIM didukung website SWAKARIR yang mampu memenuhi permintaan tenaga kerja dalam waktu yang minta oleh klien.
c.       QUALIFIED      : PT. SIM menyediakan layanan coaching dan konseling secara berkala kepada karyawan serta training 2 kali dalam setahun untuk mendukung performance tiap karyawan.

Analisis SMART :
a.     Simple              : penjabaran dari tujuan tersebut mudah dipahami sebagai target yang ingin dicapai perusahaan dan menjadi satu bahasa pengikat semua anggota organisasi
b.     Measurable      : karena batasan dapat diukur dan jelas sehingga karyawan tau target yang harus dicapai
c.      Apllicable         :perusahaan mampu melakukannya dengan daya saing ketat dan pembaharuan dalam segala teknologinya
d.     Reliable                       : realisasinya sesuai dengan harapan stake holder dan pengembangan perusahaan memudahkan masyarakat untuk join
e.     Timeable          : ada batasan waktu untuk meraihnya




DAYA SAING PT. SWAKARYA INSAN MANDIRI


Sumber Daya yang dimiliki :
1.      
Berwujud
  • ·        Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
  • ·        Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
  • ·        Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
  • ·        Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
  • ·        Memiliki koneksi ke berbagai bidang perusahaan
  • ·        Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
  • ·        Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan



2.      Tidak berwujud
  • ·        Meraih penghargaan sebagai ”The Best Contact Center Indonesia”





KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN
  • ·        Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
  • ·        Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
  • ·        Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
  • ·        Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
  • ·        Memiliki koneksi ke berbagai bidang perusahaan
  • ·        Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
  • ·        Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan




KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN BERSAING :
  • ·        Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
  • ·        Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
  • ·        Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
  • ·        Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
  • ·        Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
  • ·        Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan



KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN BERSAING BERKESINAMBUNGAN
  • ·        Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
  • ·        Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
  • ·        Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
  • ·        Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
  • ·        Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
  • ·        Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan


KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI DAYA SAING LABA DIATAS RATA-RATA
  • ·        Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
  • ·        Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
  • ·        Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
  • ·        Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
  • ·        Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
  • ·        Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan




DIAGRAM SWOT
Analisis SWOT
a.      STRENGTH :
·        Banyaknya sumber daya yang berkompeten yang siap menunjang kesuksesan perusahaan partner
·        Banyaknya perusahaan yang mempercayakan pekerjanya kepada PT. SIM
·        Infrastruktur yang handal dan up to date
·        Memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia

b.      WEAKNESS
·        Status ketenagakerjaan yang tidak pasti
·        Adanya perbedaan kompensasi dan benefit antara tenaga kerja internal dan tenaga kerja outsourching
·        Adanya kesenjangan kelas karyawan

c.       OPPORTUNITY
·        Sosiokultural    : banyak dari masyarakat yang mulai percaya system outsourching karena system dari PT. SIM ini jelas dan sesuai standar pekerja yang telah ditetapkan Disnaker Indonesia
·        Teknologi         : PT. SIM memiliki infrastruktr yang mumpuni seperti teknologi contact center yang memudahkan pemantauan pekerja
·        Pesaing                       : system pesaing yang masih kurang dibandingkan PT. SIM, perbandingan dapat dilihat dari pembayaran gaji hingga transparansi tunjangan kepada pekerja.
·        Lingkungan social : banyak perusahaan mulai mempercayakan pekerjanya kepada PT. SIM dan PT. SIM mampu merekrut banyak karyawan yang berkompeten sehingga mengurangi angka pengangguran.


·        Pelanggan       : perusahaan partner membutuhkan karyawan yang dapat diandalkan sehinggan dapat menunjang keberhasilan serta memenuhi harapan stake holder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar