Tugas Manajemen Strategik –
Analisis Perusahaan
PT. SWAKARYA INSAN MANDIRI
Sejarah Perusahaan
PT. Swakarya Insan Mandiri atau yang lebih
dikenal dengan PT.SIM berdiri di
Indonesia sejak tahun 2005 dengan kota pertama di Jakarta dengan bisnis utama Labour
Outsoursing. Labour Outsoursing merupakan salah satu bisnis terbesar yang
menyelenggarakan pelayanan penyediaan jasa tenaga kerja. Pelayanan full
service ini meliputi penanganan mulai dari recruitment, status
ketenaga kerjaan, development, database, asuransi, coaching dan
councelling, pembayaran gaji hingga pengelolaan pembayaran pajak.
PT. SIM saat ini telah bekerja sama dengan
FIF Group, Asuransi Astra Buana, Sasana Artha Finance, Danamon, Quiksilver,
Tiga raksa dan banyak lainnya. PT. SIM telah mendaftarkan legalitasnya di Dinas
Tenaga Kerja dan sudah terdaftar sebagai anggota ABADI (Asosiasi Perusahaan
Alih Daya Indonesia).
VISI
“ Menjadi perusahaan alih daya terbesar dan
terpercaya nomor satu di Indonesia”
MISI
1. Memberikan pelayanan yang terbaik dan professional kepada seluruh
pelanggan.
2. Mengembangkan sumber daya manusia yang dapat di percaya serta
kompeten di bidangnya sehingga menjadi manusia yang produktif.
3. Ikut mensejahterahkan masyarakat Indonesia dengan membuka dan
memberikan kesempatan kerja.
4. Memberikan return yang menguntungkan bagi semua stakeholder.
Tujuan
1. Memperoleh profit atau keuntungan.
2. Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
3. Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan
mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
4. Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.
Sasaran
1. Memperoleh profit atau keuntungan.
a. profit adalah salah satu tujuan yang
ingin dicapai oleh perusahaan dimanapun. Jika tujuan dari perusahaan adalah profit,
maka perusahaan atau organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau
kelompok yang memiliki tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan
bisnisnya. Sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui
kerja sama didalam organisasi tersebut.
b. Menjalin kemitraan dengan bebrapa
perusahaan besar sebagai langkah mengukuhkan tempatnya sebagai perusahaan alih
daya yang dapat dipercaya.
2. Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
a. Dengan cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PT. SIM
mampu menyentuh bisnis-bisnis partner perusahaan dan mengirimkan SDM yang
terlatih untuk menunjang kesuksesan.
3. Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan
mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
a. Didukung dengan infrastruktur dan tenaga kerja yang membantu unit
bisnis inti perusahaan.
b. Dengan mengefisiensikan biaya, mengurangi resiko, dan membina
kerja sama yang baik dalam mengembangkan bisnis anda.
c. Berbekal pengalaman dari tahun ke tahun dalam membantu klien di
berbagai segmen industry, PT. SIM membangun system contact center yang selalu
up-to-date untuk meninjau keadaan di lapangan.
d. Memberikan program latihan secara berkala kepada SDM dan pelatihan
yang komperehensif.
4. Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.
a. SAFE : menyediakan
layanan yang mengedepankan keamanan secara komprehensif, ditunjang dengan
teknologi Document Imaging untuk kontrak kerja karyawan, Sistem Payroll secara
online serta legal dan terpercaya.
b. FAST : Dalam
recruitment, PT. SIM didukung website SWAKARIR yang mampu memenuhi permintaan
tenaga kerja dalam waktu yang minta oleh klien.
c. QUALIFIED : PT.
SIM menyediakan layanan coaching dan konseling secara berkala kepada karyawan
serta training 2 kali dalam setahun untuk mendukung performance tiap karyawan.
ANALISIS
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran dengan Karakteristik
SMART
(Simple,
Measurable,Apllicable, Reliable, Timeable)
VISI
“ Menjadi perusahaan alih daya terbesar dan
terpercaya nomor satu di Indonesia”
Analisis SMART :
a. Simple : menggunaan
kosa kata yang sederhana namun memiliki tujuan yang besar dan jelas kemana arah
perusahaan.
b. Measurable : mampu
menjadi motivasi karyawan
c. Apllicable : dengan daya saing yang dimiliki, PT.
SIM sangat mampu mewujudkan visinya
d. Reliable : terbesar dan terpercaya
yang diunggulkan PT. SIM mampu memenuhi
harapan partner perusahaan untuk mempercayakan SDM kepada PT.SIM
e. Timeable : jangka waktu yang tidak terukur
menjadi kontinyu kesuksesan dalam pencapaian visi tersebut.
MISI
1. Memberikan pelayanan yang terbaik dan professional kepada seluruh
pelanggan.
2. Mengembangkan sumber daya manusia yang dapat di percaya serta
kompeten di bidangnya sehingga menjadi manusia yang produktif.
3. Ikut mensejahterahkan masyarakat Indonesia dengan membuka dan
memberikan kesempatan kerja.
4. Memberikan return yang menguntungkan bagi semua stakeholder.
Analisis SMART :
a.
Simple :
misi PT. SIM digambarkan dengan jelas dan tidak berbelit.
b.
Measurable :
dapat diketahui goals perusahaan
c.
Apllicable :
perusahaan mampu untuk mewujudkannya
d.
Reliable :
mampu menjadi harapan besar untuk partner perusahaan selain itu membantu
pemerintah mengurangi angka pengangguran.
e.
Timeable :
berkesinambungan
Tujuan
1. Memperoleh profit atau keuntungan.
2. Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
3. Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan
mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
4. Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.
Analisis SMART :
a.
Simple :
menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami
b.
Measurable :
sangat jelas sehingga karyawan mengetahui tujuan perusahaan
c.
Apllicable :
perusahaan mampu untuk mewujudkannya
d.
Reliable :
kongkrit dengan keinginan stakeholder yang menginginkan laba
e.
Timeable :
selalu menerapkan hal tersebut terus menerus tanpa ada batasan waktu
Sasaran
- 1. Memperoleh profit atau keuntungan.
a.
profit adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan
dimanapun. Jika tujuan dari perusahaan adalah profit, maka perusahaan
atau organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki
tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan bisnisnya. Sehingga mereka
berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama didalam
organisasi tersebut.
b.
Menjalin
kemitraan dengan bebrapa perusahaan besar sebagai langkah mengukuhkan tempatnya
sebagai perusahaan alih daya yang dapat dipercaya.
- 2. Sebagai penunjang perusahaan di seluruh pelosok Indonesia.
a. Dengan cabang-cabang
yang tersebar di seluruh Indonesia, PT. SIM mampu menyentuh bisnis-bisnis
partner perusahaan dan mengirimkan SDM yang terlatih untuk menunjang
kesuksesan.
- 3. Memberikan solusi kemudahan bisnis berbasis teknologi dan mendorong kemajuan kinerja perusahaan melalui jasa manajemen dari PT. SIM.
a. Didukung dengan infrastruktur dan tenaga kerja yang membantu unit
bisnis inti perusahaan.
b. Dengan mengefisiensikan biaya, mengurangi resiko, dan membina
kerja sama yang baik dalam mengembangkan bisnis anda.
c. Berbekal pengalaman dari tahun ke tahun dalam membantu klien di
berbagai segmen industry, PT. SIM membangun system contact center yang selalu
up-to-date untuk meninjau keadaan di lapangan.
d. Memberikan program latihan secara berkala kepada SDM dan pelatihan
yang komperehensif.
- 4. Menawarkan 3 solusi dalam permasalahan alih daya perusahaan.
a. SAFE : menyediakan layanan
yang mengedepankan keamanan secara komprehensif, ditunjang dengan teknologi
Document Imaging untuk kontrak kerja karyawan, Sistem Payroll secara online
serta legal dan terpercaya.
b. FAST : Dalam recruitment,
PT. SIM didukung website SWAKARIR yang mampu memenuhi permintaan tenaga kerja
dalam waktu yang minta oleh klien.
c. QUALIFIED : PT. SIM
menyediakan layanan coaching dan konseling secara berkala kepada karyawan serta
training 2 kali dalam setahun untuk mendukung performance tiap karyawan.
Analisis SMART :
a.
Simple :
penjabaran dari tujuan tersebut mudah dipahami sebagai target yang ingin dicapai
perusahaan dan menjadi satu bahasa pengikat semua anggota organisasi
b.
Measurable :
karena batasan dapat diukur dan jelas sehingga karyawan tau target yang harus
dicapai
c.
Apllicable :perusahaan
mampu melakukannya dengan daya saing ketat dan pembaharuan dalam segala
teknologinya
d.
Reliable :
realisasinya sesuai dengan harapan stake holder dan pengembangan perusahaan
memudahkan masyarakat untuk join
e.
Timeable :
ada batasan waktu untuk meraihnya
DAYA SAING PT. SWAKARYA INSAN MANDIRI
Sumber Daya yang dimiliki :
1.
Berwujud
- · Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
- · Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
- · Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
- · Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
- · Memiliki koneksi ke berbagai bidang perusahaan
- · Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
- · Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan
2. Tidak berwujud
- · Meraih penghargaan sebagai ”The Best Contact Center Indonesia”
KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN
- · Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
- · Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
- · Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
- · Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
- · Memiliki koneksi ke berbagai bidang perusahaan
- · Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
- · Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan
KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN BERSAING :
- · Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
- · Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
- · Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
- · Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
- · Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
- · Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan
KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI KEUNGGULAN BERSAING BERKESINAMBUNGAN
- · Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
- · Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
- · Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
- · Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
- · Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
- · Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan
KUMPULAN SUMBER DAYA YANG MEMILIKI DAYA SAING LABA DIATAS
RATA-RATA
- · Kantor atau gedung yang digunakan untuk kegiatan operasional
- · Memiliki banyak cabang hingga ke seluruh wilayah Indonesia
- · Memiliki banyak sumber daya yang kompetitif dan dibina secara berkala
- · Memiliki beragam segmentasi pasar yang diantaranya ; bidang multifinance, perbankan, asuransi, retail, manufactur, property dan IT.
- · Memiliki lisensi yang terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan
- · Memberikan pelatihan kepada sumber daya 2 kali dalam setahun untuk memberikan wawasan kepada karyawan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan
DIAGRAM SWOT
Analisis SWOT
a. STRENGTH :
·
Banyaknya sumber daya yang
berkompeten yang siap menunjang kesuksesan perusahaan partner
·
Banyaknya perusahaan yang
mempercayakan pekerjanya kepada PT. SIM
·
Infrastruktur yang handal dan up
to date
·
Memiliki banyak cabang di
seluruh Indonesia
b. WEAKNESS
·
Status ketenagakerjaan yang
tidak pasti
·
Adanya perbedaan kompensasi dan benefit
antara tenaga kerja internal dan tenaga kerja outsourching
·
Adanya kesenjangan kelas
karyawan
c. OPPORTUNITY
·
Sosiokultural : banyak dari masyarakat yang mulai percaya system
outsourching karena system dari PT. SIM ini jelas dan sesuai standar pekerja
yang telah ditetapkan Disnaker Indonesia
·
Teknologi : PT. SIM memiliki infrastruktr yang mumpuni seperti
teknologi contact center yang memudahkan pemantauan pekerja
·
Pesaing : system pesaing yang masih kurang
dibandingkan PT. SIM, perbandingan dapat dilihat dari pembayaran gaji hingga
transparansi tunjangan kepada pekerja.
·
Lingkungan social : banyak
perusahaan mulai mempercayakan pekerjanya kepada PT. SIM dan PT. SIM mampu
merekrut banyak karyawan yang berkompeten sehingga mengurangi angka
pengangguran.
·
Pelanggan : perusahaan partner membutuhkan karyawan yang dapat diandalkan
sehinggan dapat menunjang keberhasilan serta memenuhi harapan stake holder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar